Lanjut ke konten

Kerja Akuntansi di dalam Praktek

Februari 26, 2012

Akuntansi di dunia kerja seperti judul diatas tidak sama dengan teori akuntansi yang sudah didjelaskan dalam ruang perkuliahan. Prinsipnya sama. Tetapi metode yang digunakan untuk menghasilkan laporan keuangan adalah tidak  sama. Tergantung dari jumlah orang yang menangani, metode akuntansi yang digunakan, skope perusahaan dll. Semua itu mempengaruhi  manajemen memutuskan penanganan di bagian akuntansi.

Kalau demikian, apakah akuntansi didalam prakteknya menghasilkan laporan keuangan saja?. Tidak juga. Banyak sekali, produk informasi lain yang berkiprah didalam urusan bisnis. Didalam urusan pajak misalnya; yang maju adalah akuntansi perpajakan. Didalam lingkup manajemen yang bergerak cepat adalah akuntansi manajemen. Untuk laporan para investor diserahkan kepada akuntansi yang biasa mengelola investor. Apa saja yang diminta investor tiap bulan, dia akan lebih mengetahui.

Kalau demikian, bagian akuntansi ini  membutuhkan tenaga akuntansi yang sesuai bidang itu.? Seharusnya demikian. Tetapi dalam prakteknyadi negara ini tidak selamamnya ditangani oleh orang yang ahli dibidangnya. Kecuali di perusaghan besar go publik yang penanganannya oleh seorang  ahli memang diperlukan.

Jadi yang mengani semua bidang akuntansi itu dilakukan oleh satu atau dua orang saja. Satu orang biasanya mengurus pajak dan surat2 ke luar perusahaan. Satunya lagi bertanggung jawab untuk mengurusi intern perusahaan. Misal, laporan keuangan dan penjelasan ke manajemen, serta untuk para  investor.

Ini semua tergantung dari luasnya usaha,  kapasitas tenaga kerjanya, berapa jumlah orang yang bekerja, skope perusahaan yang ditempati,  apakah termasuk bonafid atau biasa saja. Salam untuk bekerja

No comments yet

Tinggalkan komentar