Skip to content

Persiapan Memasuki Jurusan Akuntansi

Oktober 17, 2011
ricakuntans

Sehari-hari kita sering mendengar akuntansi keuangan, akuntansi pajak dan akuntansi lainnya. Yang semua itu adalah rincian bidang akuntansi. Betapa luasnya bidang akuntansi ini.

Anda kalau sudah kuliah di Fakulltas Ekonomi, jurusan Akuntansi ini, pasti diarahkan ke salah satu jurusan sesuai dengan minat dan bakat.  Kalau sekarang mungkin sudah ada penjurusan pada saat permulaan  kuliah. Misalnya ada jurusan pajak yang terpisah dari akuntansi.

Penjurusan di bidang ekonomi ini dilakukan berbeda-beda pada tiap-tiap universitas. Oleh karena itu calon mahasiswa harus memahami betul penjurusan yang dilakukan di fakultas ekonomi universitas tersebut.

Berbagai macam jurusan yang ada di Fakultas Ekonomi. Saya ambil dari Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga almamater saya.  Untuk  lebih jelasnya anda bisa baca pada di  www.feb.unair.ac.id.

Pelajaran-pelajaran yang diberikan kepada mahasiswa akuntansi inilah yang membawa konsekwensi dari mahasiswa tsb. Artinya tanggung jawab untuk menghayati dan mempelajari segenap mata kuliah penting, karena pelajaran inilah yang merupakan tolok ukur karier penting di masa depan.  Misalnya pelajaran audit, management accounting, financial accounting dll. Yang semua mata kuliah diatas mencerminkan  jenis pekerjaan pada saat keluar dari kampus dan bekerja.

Misalnya auditor, akuntan manajemen, akuntan keuangan,  yang mengharuskan mahasiswa tsb mengerti betul mata kuliah  pokok yang diajarakan seperti audit, management accounting, financial accounting.  Di dalam praktek di Indonesia,  financial accountant dan management accountant di jadikan satu dengan nama chief accountant/Kepala Bidang Pembukuan. Kecuali di Amerika yang membedakan antara Financial Accountant  dan Management Accountant.  Bahkan ada yang tersendiri yaitu  Sistem Accountant, yang mengurusi bidang sistem akuntansi perusahaan.

Dan kembali kepada masalah penjurusan tadi. Mahasiswa harus belajar mata-kuliah tertentu yang menunjang di salah satu jurusan yang dipilihnya. Seorang auditor bukan belajar audit yang dia kuasai. Tetapi juga pelajaran yang lain seperti akuntansi keuangan, manajemen accounting, statistik, behavior sciene (kalau ada ), dan sistem akuntansi, teori akuntansi dll.

Kesimpulannya: adalah belajar sekuat tenaga terhadap mata kuliah penting yang mengarahkan ke karir di masa depan.  Mata kuliah yang lain yang menunjangpun   perlu juga dipelajari dan diketahui.

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: